Minggu, 15 April 2012

3 Naga Sastra

Ada 3 naga yang selalu bersemayam di dalam tubuh setiap sastrawan.. Nah, 3 naga ini yang menjadi ideologi dan menjadi cikal bakal gaya menulis sang sastrawan.. Gue akan coba menjabarkan karakteristik mereka.. Here goes!!


1. Naga Liar

Naga liar ini gue banget haha.. Oke, penjelasannya gini, para sastrawan yang memelihara naga liar punya hasrat menggebu-gebu dalam menumpahkan isi otak sastra mereka.. Bahasa mereka kadang gak terkendali, dan sering kali kata-kata mereka kuat, nakal, bahkan kadang terkesan jahat.. Tapi di balik itu, pemelihara naga liar biasanya kritis, peka, dan jujur dalam bersastra.. Mereka kurang mikirin diksi, tapi diksi mereka gak tau kenapa, menurut gue, oke banget!! :D


2. Naga jinak

Naga jinak ya kebalikan dari naga liar, udah gitu aja, next!!
................................................
................................................
Gak jadi next haha.. Oke jadi emang bener naga jinak ini kebalikannya naga liar.. Tiap sastrawan yang punya naga jenis ini lebih halus walaupun sastra mereka menggambarkan kekasaran, karena mereka peduli diksi dan komposisi.. Rima dalam tulisan mereka udah kayak makanan wajib buat si naga.. Karakter tulisan mereka kuat dan susah ditembus buat ngerti makna sebenernya, karena sastra mereka sangat amat puitis.. Intinya, sastrawan yang punya naga jinak juga mampu ngejinakin tiap kata-kata jadi komposisi sastra yang luar biasa keren!!


3. Naga jinak yang liar

Ini naga ideal menurut gue.. Naga manapun bisa berubah jadi naga macem ini.. Bedanya, kalo dasarnya liar, nantinya setelah menjinak, kesan "kasar"-nya bakal dalem banget, dan sebaliknya, kalo dasarnya jinak, setelah menjadi liar, dia akan tetep ngejaga sastra sejinak mungkin.. Sastrawan yang (udah) punya naga macem ini punya tulisan-tulisan yang kuat dari segi diksi dan komposisi, tapi masih bisa melanglangbuana liar di tiap kepala orang-orang penikmat sastra..  Gak monoton, dia dinamis, gak bosenin, dia menyenangkan, gak diam di tempat, dia terbang ke angkasa.. Naga ini menurut gue adalah pencapaian tertinggi dari tiap sastrawan yang bener-bener niat menjajal dunia sastra..

Nah, itu deskripsi 3 naga sastra yang paling umum yang pernah gue temenin.. Kenapa naga? Karena naga itu adalah hewan mitos paling keren buat gue!! Apa hubungannya?? Well, sastra dan naga sama-sama keren di mata gue dengan caranya sendiri-sendiri.. :D

See you my friends!! :D

2 komentar:

  1. Helo. Saya kayaknya naga jinak kali ya, hahaha. Menurutmu gimana? :p
    Mungkin naga yang ideal itu para penulis/sastrawan yang karya-karyanya sudah melekat di hati sedemikian pembaca/penikmat karyanya, katakanlah mereka yang sudah punya "nama".

    BalasHapus
  2. Hola..
    Iya gue sependapat nick, naga lo emang jinak hehe.. Iya, bisa dibilang gitu, naga ideal sifatnya gitu deh.. :D

    BalasHapus

Pembaca yang baik (katanya) meninggalkan komentar he he he… Dan jangan lupa nulis nama yaa biar saya tau siapa identitas pemberi komentar yang baik ini, terima kasih.. :D