Senin, 23 April 2012

Simphony empat musim



Semi..
Awan mulai ingat lagi untuk menghujan air.. Kelopak bunga bergetar, mengusir salju kemarin, mengusik putih kemarin untuk menghijau.. Ia terbuka, mereka terbuka.. Memanggil lebah terpanggil.. Hey, mentari kembali menyapa ramah, siapa yang tak bahagia kala mimpi akan menjadi nyata?

Panas..
Awan mulai tidur lagi, menyingkir hilang dari hidung mentari.. Mentari telanjang, memamerkan sengat lewat udara.. Topi-topi kain beludru dihempas angin yang terlalu diburu waktu untuk meniup nada sama ke kuping mereka, empat pasang kuping di padang rumput yang bercengkrama dengan riang akan terkabulnya panjat doa tentang hari yang cerah untuk berpiknik.. Dua pasang.. Yang satu lagi mengejar topi, yang satu lagi menggoda kupu..

Gugur..
Hutan berganti lantai, hijau menjadi jingga.. Atapnya turut berganti, hijau menjadi transparan.. Mentari berbusana awan lagi, mungkin malu setelah kemarin telanjang.. Sengatnya mulai hilang, namun tetap menusuk awan agar ia tak lagi lupa untuk sesekali mengguyur hutan yang kini tanpa atap.. Entah karena guyur itu atau karena mentari yang berbusana, atau mungkin karena keduanya, seluruh hutan beranjak jingga.. Ranggas mengganti panas..

Dingin..
Mentari hibernasi, dunia hibernasi.. Lantai jingga berubah putih.. Nada melankolis melantun menghangatkan jiwa kedinginan.. Awan, entah kerasukan apa, menyembur titik-titik mozaik putih yang kemudian menyatu menutup seluruh.. Bukan, bukan air.. Air tak lagi pasti eksistensinya, mereka tidur dan bersatu solid dalam beku..Tak ada jingga, tak ada hijau, tak ada warna selain putih.. Mungkin indah, mungkin syahdu, mungkin gelap, pasti dingin.. Mimpi itu datang lagi, karena waktu ini memang selalu ada untuk meramu mimpi sebelum putih kembali hijau.. Sebelum mimpi kembali nyata..

1 komentar:

  1. Sayangnya ke-empat musim yang terdeskripsi dengan indah itu, tak bisa dinikmati di negri ini. hehe

    BalasHapus

Pembaca yang baik (katanya) meninggalkan komentar he he he… Dan jangan lupa nulis nama yaa biar saya tau siapa identitas pemberi komentar yang baik ini, terima kasih.. :D